Rabu, 20 Oktober 2010

Memaknai Cincin Kawin



Setiap pasangan Muda-mudi yang  bertunangan atau saat pernikahan biasanya  saling memasangkan cincin kawin ke pasangannya masing-masing.  Apa sebenarnya sih makna cincin kawin? 

Ada berbagai pendapat mengenai arti cincin kawin tersebut.

1. Cincin kawin adalah simbol ikatan cinta yang berlaku sepanjang masa dan berlaku secara universal (artinya sudah diakui secara umum)
2.  Cincin menjadi penanda awal sebuah hubungan dan menjelaskan status pemakainya, sebagai pasangan istri-suami. Kalau seorang perempuan muda sudah memakai cincin kawin menandakan bahwa perempuan tersebut telah memiliki ikatan ataupun janji kepada seoarang laki-laki tertentu baik sebagai suami ataupun tunangan.
3. Bentuknya yang bulat, tak berujung melambangkan pernikahan yang tiada akhirnya.
4. Cincin kawin yang bermata berlian menandakan keabadian Cinta, Diamond is Forever
5. Menumbuhkan perasaan ‘dekat’ dengan pasangannya walau terpisah oleh waktu dan jarak. Agar selalu mengingatkan kepada pasangan

Berusaha Menghindari Godaan

Walaupun terus-menerus mengenakan cincin bukanlah jaminan bisa terhindar dari godaan. Yang penting bagaimana usaha si pemakai cincin tidak mudah termakan bujuk rayu orang lain, yang bukan pasangannya.
Dengan demikian, cincin kawin bukanlah segala-galanya untuk mempertahankan pernikahan. Tetap dibutuhkan usaha dari masing-masing individu, baik istri maupun suami dalam membina rumah tangga.

Bagi yang percaya silahkan membeli cincin sebelum perkawinan, bagi yang tidak anggap saja itu hanya mitos yang pentingkan niat dari masing-masing individu untuk saling menyayangi dan tidak berselingkuh, bener enggak Yah……?

VMM, dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar